Rabu, 30 Oktober 2013

Istirahat Menulis Novel Karena Kepincut Bisnis Online



Setiap kali ketemu kawan lama, yang ditanyakan selain apa kabar adalah apa masih menulis? Seringkali saya mendapati diri saya tidak bisa segera menjawab. Soalnya, pada kenyataannya saya sudah cukup lama vakum dari kegiatan menulis; baik esai, cerpen maupun novel. Sementara belakangan saya masih saja menulis artikel untuk blog.

Kepincut Bisnis Online 

 

Minimnya royalti yang saya dapatkan dari buku-buku yang sudah saya terbitkan, baik karena pemasarannya yang kurang bagus maupun karena ada unsur kecurangan dari pihak penerbit , membuat saya malas menulis dan berusaha menemukan cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bisnis online adalah hal yang sangat menarik yang lantas membuat saya kepincut untuk menekuninya. Menarik karena selain menjanjikan pasif income, bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya dan tidak harus punya produk sendiri. 

Namun sampai sejauh ini, bisnis online yang saya jalani masih belum mampu memuaskan obsesi saya. Boleh jadi karena bisnis online bukan merupakan passion saya, sehingga saya tidak bisa habis-habisan mengerahkan energi di sini.

 

Kembali Menulis Novel

 

Di tengah kelesuan menjalani bisnis online saya kini terpanggil lagi untuk menulis, baik esai, cerpen maupun novel. Namun, untuk menerbitkan buku lewat penerbit saya masih perlu pikir-pikir dan akan berusaha menemukan penerbit yang betul-betul bisa diajak bekerjasama secara transparan atau berusaha menerbitkan buku sendiri lewat www.nulisbuku.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar